Friday, July 2, 2021

Company Profile sangat Penting bagi Perusahaan

Identitas tidak hanya terbatas pada individua tau objek tertentu saja. Didalam bisnis, identitas sangat diperlukan, baik itu perusahaan, divisi, cabang, dll, sangat diperlukan identitas. Bagi perusahaan, Company Profile mereka adalah muka mereka, dimana saat orang pertama kali melihat suatu objek pasti akan melihat muka objek tersebut, sama seperti perusahaan, yang pertama kali dilihat adalah Company Profilenya terlebih dahulu.

Company Profile dapat dibagi kedalam 2 kata, yaitu company dan profile. Company artinya adalah perusahaan, maskapai, firma, perseroan, rombongan, dan profile adalah tampang atau Riwayat. Jika digabungkan kedua kata tersebut, company profile artinya adalah riwayat/gambaran perusahaan yang diberitahukan kepada publik.


Sistematika Company Profile

Dalam penulisan profile tentu saja digunakan sistematika yang berlaku agar data yang ditampilkan tersusun dengan rapi sehingga memudahkan untuk dibaca. Ada beberapa bagian yang wajib ada di company profile dan ada juga optional atau tidak harus dibuat.

  1. Cover depan. Pada bagian ini terdiri dari perusahaan dan logo, usahakan buat unik dan menarik

  2. Sejarah Perusahaan. Pada website biasanya terletak pada menu About Us atau Tentang Kami.

  3. Visi Misi Perusahaan. Visi yaitu tujuan perusahaan dan misi yaitu usaha yang dilakukan untuk mencapai Visi

  4. Produk/Jasa yang Ditawarkan. Dibagian inilah perusahaan mengeluarkan produk mereka untuk dijual kepada pelanggan

  5. Kelebihan Perusahaan. Perusahaan memberika kelebihan yang dimiliki dibandingkan perusahaan yang lain.

  6. Cover Belakang. Biasanya diisi dengan alamat, kontak, media sosial, dll.

Pada bagian setelah cover depan merupakan pilihan optional dimana terdapat kata pengantar yang biasanya berisi sambutan bagi orang yang membaca profile mereka, ada juga informasi tentang struktur dan anggota tim, pengalaman perusahaan, dan juga galeri foto perusahaan.


Tips

Dalam membuat company profile, perlu kita ingat bahwa company profile kita gunakan sebagai alat hubungan kita dengan pelanggan, company profile juga berguna sebagai alat pemasaran, memperkuat branding, oleh karena itu company profile perlu dibuat dengan baik untuk membuat perusahaan kita lebih maju. Perhatikan beberapa tips berikut:

  1. Buat sesederhana mungkin. Arti sederhana adalah font, ukuran , dan warna tulisan tidak berlebihan dalam arti tidak terlalu besar, tidak terlalu norak, dan warnanya terlalu kontras.

  2. Sesuaikan target pasar. Target pasar biasanya dibagi berdasarkan gender, umur, ras, dll. Pertimbangkan kemana target produk kita agar sesuai dengan selera pembeli.

  3. Sistematis dan terstruktur. Sesuai dengan struktur diatas, susunlah dengan rapi agar informasi yang disampaikan mudah dipahami pembaca.

  4. Bandingkan dengan perusahaan lain. Company profile lain bis akita gunakan sebagi referensi untuk kita.

Proses pembuatan Company Profile sebaiknya diserahkan kepada mereka yang sudah berpengalaman dalam bidangnnya. Di internet banyak jasa unutk pembuatan company profile seperti Digimebay. Digimebay menawarkan jasa pembuatan company profile sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan, karena sudah profesionalitas dalam bidang ini. Bagi yang ingin melihat jasa lain yang ditawarkan bisa klik link berikut: jasa Digimebay.


Dari artikel ini, kita bisa mengetahui bahwa company profile sangat penting bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis dan membantu dalam mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar.



No comments:

Post a Comment